Pengumuman Hasil Tes CPNS Di Papua Kemungkinan Diatas Tanggal 5 Februari 2014

27 Januari 2014 02:22:01

PAPUA - Pertanyaan masyarakat di Papua terkait kapan diumumkannya hasil tes CPNS tahun 2013 akhirnya terjawab sudah. Ini setelah dilakukan pertemuan pihak Pemerintah Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Nega­ra dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Azwar Abubakar, di Kantor Kemenpan-RB RI, di Jakarta, Senin (20/1) lalu.

Dalam pertemuan tersebut terungkap bahwa pengumuman hasil CPNS 2013 di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua maupun kabupaten/kota di Papua akan diumumkan di atas 5 Februari mendatang. Pada pertemuan itu, dari Pro­vinsi Papua diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Papua Drs. Elia I. Loupatty,MM dan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan Aparatur Provinsi Papua, Charles Kambuaya,S.Sos. Sedangkan dari Provinsi Papua Barat dihadiri oleh gubernurnya sendiri Abraham Oktavianus Ataruri.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Latihan Aparatur Provinsi Papua, Charles Kambuaya menjelaskan, ada sejumlah hasil postif yang disepakati melalui pertemuan tersebut, diantaranya bahwa seleksi CPNS diserahkan ke daerah, sehingga gubernur, bupati dan wali kota sangat memegang tanggung jawab tersebut. Meski begitu, seleksi tidak akan sembarangan, karena ada standar yang sudah diberikan, yaitu mereka yang lolos adalah mereka yang memiliki nilai tes rangking terbaik, harus mengikuti tes, dan tidak boleh ada permainan, karena hasilnya juga akan diserahkan ke Kemenpan-RB, tegasnya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (23/1).

Menurutnya, dalam pengumuman hasil tes CPNS tersebut juga tetap diprioritaskan kepada anak asli Papua, dengan perbandingan 80:20 persen. Namun bagi pendidikan atau kualifikasi yang memang tidak ada anak Papua, maka itu baru diserahkan kepada saudara-saudara dari nusantara, ujarnya.

Charles Kambuaya menjelaskan, terkait dengan pengumunan CPNS Provinsi Papua, hasilnya akan disampaikan minggu kedua atau minggu ketiga Februari, atau selesai pelaksanaan peringatan injil masuk di Papua 5 Februari mendatang. Pengumuman nanti diatas 5 Februari, antara minggu kedua atau ketiga, ungkapnya. Hanya saja, apakah pengumuman tersebut akan disampaikan secara serentak di Provinsi Papua termasuk kabupaten dan kota, Charles Kambuaya menegaskan bahwa semuanya tergantung rapat yang akan dilaksanakan oleh Gubernur Papua dan para bupati/wali kota se-Papua.

Apakah diumumkan secara serentak di Papua atau waktu berbeda-beda, semuanya tergantung rapat yang akan digelar dalam waktu dekat ini tuturnya.

Hal menarik lainnya, lanjut Charles Kambuaya, perlu juga diketahui oleh masyarakat adalah hasil pertemuan tersebut, Menpan-RB juga berjanji pada Juni mendatang akan ada penerimaan CPNS lagi seluruh Indonesia, bahkan direncanakan ada formasi khusus bagi anak asli Papua. Ini dalam rangka memberikan kesempatan bagi anak-anak asli Papua. Jadi bagi mereka yang nanti namanya tidak tembus, tidak perlu berkecil hati, sebab ada kesempatan lagi nanti Juni mendatang, tambahnya.


sumber : www.nabire.net/

line 7......