Jelang MEA 2015 Pemerintah Siapkan Sektor Pariwisata Indonesia

17 September 2014 03:09:30

DEIYAI - Potensi wisata di Indonesia sudah tidak diragukan lagi baik bagi para pecinta traveling lokal maupun mancanegara. Banyak tempat pariwisata yang sangat menarik untuk  dikunjunggi baik pantai, keindahan  alam, ragam kebudayaan, kerajinan dan masih banyak lagi yang dapat dikunjungi.

Namun dari sekian banyaknya potensi kekayaan pariwisata di tanah air salah satu yang masih menjadi kendala untuk meningkatkan kunjungan para wisatawan asing maupun lokal adalah masalah infrastruktur dan kualitas sumber daya manusia setempat. Potensi sektor pariwisata juga diyakini menjadi salah satu yang siap menghadapi gelombang kompetisi era Masyarakat Ekonomi Asean 2015. Karena itu penting sekali pemerintah pusat dan daerah untuk memperhatikan kondisi infrastruktur serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia yang akan mendukung perkembangan sektor pariwisata di tanah air.

Pembangunan dan perbaikan infrastruktur banyak yang harus dikerjakan seperti akses jalan menuju sejumlah lokasi pariwisata, jalur dan armada pengangkutan, juga fasilitas pelabuhan laut, serta  bandara udara masih perlu ditambahkan. Sebagai salah satu contoh jalan menuju destinasi wisata di pantai Anyer, Provinsi Banten, yang mengalami kerusakan dan hal itu mempengaruhi tingkat kunjungan ke objek wisata tersebut. Dengan kondisi jalan dan fasilitas bandara yang memadai, hal itu akan mendongkrak kunjungan pariwisata di tanah air.

Dan jika kunjungan pariwisata naik maka diperlukan juga SDM yang handal dan siap untuk mendukung sektor pariwisata tersebut. Karena itu penting bagi pemerintah untuk dapat membekali SDM dengan pelatihan yang memadai agar siap untuk menghadapi arus Masyarakat Ekonomi Asean. Beberapa lokasi wisata di Indonesia yang  tidak didukung dengan kesiapan para tour guide, petugas hotel, pengusaha kerajinan dan restoran bahkan keramahan penduduk setempat akan menyulitkan untuk bisa bersaing.

Pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia yang memadai juga akan berpengaruh terhadap kepercayaan investor asing untuk dapat menanamkan modalnya guna membangun usaha seperti tempat penginapan, tempat makan dan lainnya. Hal itu juga akan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat setempat.

Diharapkan pemerintah pusat dan daerah segera melakukan pembangunan dan perbaikan fasilitas yang dapat mendukung pariwisata di tanah air dapat banyak dikunjunggi oleh wisatawan khususnya wisatawan asing.

 

 

sumber : beritadaerah.co.id

line 7......