5 Kabupaten Akan Gelar Mubes Bahas HIV dan Miras

29 September 2014 03:25:22

DEIYAI - Kepala-kepala suku, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, LSM, dan masyarakat menggelar pertemuan untuk membicarakan penanganan HIV/AIDS dan beredaran Minuman Keras (Miras) di lima kabupaten wilayah tengah Papua bagian Barat, yakni  Nabire, Dogiyai, Deiyai, Paniai, dan Intan Jaya, Sabtu, (18/05/13) silam, di Balai Aweida, Kelurahan Karang Tumaritis Nabire.

Pada pertemuan itu disepakati perlu satu forum besar dan resmi untuk membicarakan penanganan penyebaran HIV/AIDS dan Miras yang semakin mengkhawatirkan di wilayah ini. Forum yang disepakati pada saat itu adalah menggelar Musyawarah Besar (Mubes).

Pada saat itu juga, mereka menunjuk Wakil Uskup Keuskupan Timika, Pastor Nato Gobay, Pr sebagai Ketua Panitia Mubes 5 kabupaten tersebut. 

Selanjutnya, Pastor Nato Gobay membentuk panitia secara resmi dan berbagai kegiatan telah dijalankan, antara lain sosialisasi dan pencarian dana. Proses pencarian dana dan sosialisasi memakan waktu lebih dari 15 bulan sejak direncanakan. 

Siang tadi, Minggu (28/09/14), Pastor Nato Gobay telah secara resmi mengumumkan bahwa Mubes yang telah direncanakan akan digelar pada 17-19 November 2014 di Gedung Gereja Kristus Raja (KR) Kelurahan Siriwini, Distrik Nabire, Kabupaten Nabire, Papua.

Dikatakan Nato, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait di Provinsi maupun di lima kabupaten. Untuk itu, walaupun proposal yang diajukan kepada sejumlah pihak belum dijawab sepenuhnya, tetapi kegiatan tetap akan berjalan. 

Kami harap tiap kabupaten dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekda, DPRD semua, KPA, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas-dinas terkait lain,  wakil adat, agama, pemuda, perempuan, LMS, dan anak sekolah. Bisa jadi tiap kabupaten lebih dari 100 orang karena ini kegiatan paling penting, kata Pater Nato.

Pater Nato berharap, Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal dapat hadir dan membuka kegiatan ini sekaligus memberikan arahan umum tentang penanggulangan HIV dan Miras di wilayah ini.

Wakil Uskup Keuskupan Timika, Pastor Nato Gobay, Pr. Foto: Yermias

 

 

 

sumber : majalahselangkah.com

line 7......