Upaya Pemkab Deiyai Bangun PLTA dan PLTD

03 September 2015 04:40:53

DEIYAI - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Deiyai  sedang melakukan segala melakukan terobosan dibidang kelistrikan, baik itu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

rn

Kami akan upayakan dalam waktu dekat seputar Kota Wakeitei dan sekitarnya bisa gunakan PLTD. Dan kampung yang dekat dengan Kota Waghete seperti Kampung Bomou dan Kampung Okomo masyarakat akan nikmati penerangan PLTS, ungkap Kepala Dinas ESDM Kabupaten Deiyai, Irenius Adii, di kampung Okomo, Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Papua.

rn

Ia memaparkan selain maksimalkan PLTD, Pemerintah juga sedang berupaya membangun PLTA di Kabupaten Deiyai. Untuk itu ia berharap agar semua masyarakat bisa mendukung program Dinas ESDM yang sedang kencang membangun penerangan di Kabupaten Deiyai.

rn

Deiyai jangan ketinggalan dengan penerangan. Dinas ESDM sudah komitmen untuk membangun PLTA, PLTD dan PLTS. Apabila PLTA bisa operasi maka untuk PLTS akan pusatkan di dua Distrik yang terpencil seperti Distrik Kapiraya dan Distrik Bouwobado. Dana yang digunakan dalam pembangunan PLTA dan PLTD bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Pemkab Deiyai telah melobi proyek tersebut di Kementerian ESDM.

rn

Demi tanah dan masyarakat Deiyai, kami harus melobi proyek ke pusat. Hampir tujuh tahun Waghete yang juga merupakan ibukota kabupaten, listrik belum menyala. Itu artinya perubahan harus dilakukan oleh putra daerah sendiri. Kepala Suku Umum Kabupaten Deiyai, Frans Mote memberikan apresiasi yang sangat mendalam kepada pemerintah yang telah berupaya menghadirkan proyek pusat yang juga merupakan kerinduan masyarakat Deiyai untuk menikmati penerangan.

rn

Sejak lama masyarakat Deiyai ingin nikmati penerangan tapi sampai saat ini belum memberikan kontribusi yang positif oleh pemerintah Daerah. Tapi, masyarakat sangat bangga dengan upaya yang dilakukan oleh Kadin ESDM yang pada akhirnya PLTD akan beroperasi dalam waktu yang dekat.

rn

Masyarakat mengakui pemerintah daerah telah membagikan solarcell kepada sejumlah masyarakat Deiyai tetapi setidaknya warga Kota Wakeitei harus ada penerangan dari PLTD. Masyarakat harus memberikan dukungan dalam pembangunan PLTA maupun PLTD ini agar pembangunan bisa berjalan dengan aman dan bisa selesai dalam waktu yang dekat.

line 7......