Pesona Danau Yang Terpendam di Kaki Gunung Deiyai

19 Juni 2013 03:48:53

Pulau Papua tersimpan sejuta harapan bagi nusa dan bangsa dalam dunia wisata. Banyak tempat wisata yang kita jumpai di wilayah Papua, apabila kita berkunjung kebumi cenderawasih. Tidak hanya dipesisir pantai. Daerah pegunungan papua juga, banyak tempat wisata. Tempat wisata yang satu ini adalah Danau Tigi, letaknya persis di kaki gunung deiyai. Danau tigi berada di Kabupaten Deiyai, Papua. Danau ini terletak 1.700 meter di atas permukaan laut dan memiliki kedalaman hingga 150 meter. Jika letaknya di ketinggian maka pasti di danau ini beriklim pegunungan yang sangat dingin.

Danau tigi memiliki wisata alam yang luar biasa, suasana yang sejuk dan menyegarkan, hamparan air yang jernih, serta pemandangan yang memesona dibawah kaki gunung deiyai, hal ini merupakan sebagian kecil saja dari deskripsi keindahan Danau Tigi yang mengagumkan.

Di tengah Danau Tigi terdapat Pulau Duamo yang memberikan nilai tersendiri. Tempat wisata yang sangat menarik perhatian bagi wisatawan. Sehingga banyak wisatawan lokal berkunjung di Pulau Duamo itu. Jelang matahari terbenam, keeksotisan Danau Tigi kian memikat. Perahu nelayan yang mulai menepi dari danau, serta ditimpali oleh burung-burung kecil yang terbang rendah dan sesekali menyambar air.

Banyak pengunjung akan berbondong--bondong ke pulau tersebut. sayangnya, danau tersebut hingga kini tidak ada pengungjung dari wisatan regional maupun manca negara. Warna air yang biru menjadi daya tarik bagi kaum wisata lokal. Ketika sore hari, desiran angin didanau melampiaskan dibebatuan bagaikan gemerlap lampu pijar.

Sulit untuk membayangkan ada tempat yang lebih indah untuk dikunjungi selain Danau Tigi, karena di sini anda dapat melakukan berbagai macam hal yang menyenangkan untuk menikmati keindahan alam seperti  mengunjungi danau lain yang ada di sekitar Deiyai. Udaranya bersih dan sejuk harmonis dengan  suasana santai masyarakatnya yang ramah membuat wisatawan akan datang kembali setelah mengunjungi danau ini.

Akses ke Danau Tigi
Akses ke Danau Tigi, dapat memulai perjalanan dari Kota Nabire. Dari Kota Nabire, tersedia dua jalur menuju kawasan Danau Tigi. Pertama, menggunakan jalur darat dengan menyewa mobil jenis Innova yang dapat diandalkan untuk melintasi medan jalan yang terjal dan berkelok-kelok. Kedua, mengambil jalur udara dengan menumpang pesawat AMA, MAF, Trigana dan Merpati,  yang bisa mendarat di wilayah dataran tinggi dengan karakteristik landasan dari tanah.

Dimana kita nginap di Deiyai?
Di daerah itu sudah tersedia penginapan sehingga kita tidak susah dengan tempat nginap. Duta Tigi nama penginapannya. Penginanapan Duta Tigi letaknya di jalan raya sehingga sangat mudah kita jangkau.


sumber : jelajahbumipapua.com

line 7......